Selasa, 10 Januari 2012

Cara menjaga kesehatan

Cara menjaga kesehatan                                          Kesehatan merupakan hal yang wajib kita perhatikan lagi lebih baik. Sebab banyak orang meninggal dunia dengan kasus yang berbeda-beda namun yang paling banyak adalah kasus yang ditimbulkan penyakit. Saat ini penyakit yang menduduki peringkat pertama yaitu penyakit jantung. Selain itu masing banyak lagi penyakit-penyakit yang mengakibatkan penderitanya sampai meninggal dunia.
Nah untuk meminimalkan angka kematian per tahun di indonesia sebaiknya berawal dari kebersihan lingkungan dan kehigenisan makanan yang dimakan. Sebab dengan kita mengawalinya dengan kebersihan hal tersebut akan meminimalkan penyakit bermunculan. Contohnya jika kita menjaga kebersihan lingkungan maka akan membantu memberantas munculnya nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah dan dapat berdampak pada kematian. selain itu jika kita membersihkan tangan sebelum makan akan bermanfaat bagi kita. Sebab walaupun dipandang dengan mata telanjang terlihat bersih, sebetulnya banyak bakteri dan kuman yang berada pada tangan kita.

Jika soal kehigenisan makanan ini menjadi pr penting bagi masyarakat-msyarakat sekarang ini. Sebab banyak orang yang memproduksi makanan dengan mengacuhkan kehigenisan makanan tersebut. Seperti dengan menggunakan bahan borak untuk mengawetkan makanan yang mereka produksi. Padahal borak tersebut dapat berakibat fatal jika dikonsumsi. Sebenarnya bahan borak adalah bahan yang pada umumnya digunakan sebagai pengawet mayat. Untuk itu sebaiknya anda lebih teliti lagi dalam membeli makanan.
Selain itu dengan pola hidup juga harus diatur dengan memberikan waktu untuk berolah raga atau sekedar jalan-jalan. Sebab olahraga penting untuk kesehatan tubuh kita. Dengan olah raga akan membantu meningkatkan setamina, mengurangi resiko kegemukan, dan masih banyak lagi. Apalagi olahraga juga membantu meningkatkan sistim imun atau daya tahan tubuh. Sebab daya tahan tubuh tersebut dapat membantu mengurangi resiko terkenanya penyakit-penyakit.
Untuk pola makan sendiri usahakan untuk makan tiga kali sehari dan memenuhi empat sehat lima sempurna. Namun tidak juga anda harus makan dengan lauk pauk yang banyak melainkan usahakan makan dengan lauk pauk satu saja. Dalam sebuah penelitian membuktikan seseorang yang berpola makan dengan menggunakan lauk yang bermacam-macam dalam jangka waktu lama akan berdampak timbulnya penyakit di tubuhnya. Upayakan untuk menggunakan satu lauk makan dan diimbangi dengan sayur-sayuran. Sebab dengan pola makan yang menggabungkan beberapa lauk maka akan mempersulit lambung untuk menyerap kandungan-kandungan di dalam makanan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar